Bila Irfan Bachdim ke Ar-Ridho

Baca Juga



Magnet Irfan Bachdim memang sangat terasa pada Piala AFF 2010 kemarin.Ganteng sudah pasti. Tapi teknik bermainnya juga oke. Ia tidak saja digemarin para remaja cowok, tapi dari bapak-bapak, kaum ibu sampai anak-anak menyukainya. Terbukti kaos timnas bernomor 17 Irfan laris manis di pasaran. Tak ketinggalan kaos bernomor 9 milik El Loco Gonzales diburu para pencinta bola.

Begitulah, semua orang bergairah menyaksikan tim kesayangan ini berjuang tanpa kenal lelah meskipun peluang terasa kecil setelah tertinggal agregat 0-3 dari Malaysia di final. Irfan dan kawan-kawan menunjukkan bahwa yang paling penting adalah proses meraih juara bukan semata-mata juara itu sendiri.

Memang olahraga satu ini menyimpan banyak pelajaran yang bisa kita petik, terutama untuk dipraktekkan dalam aktivitas keseharian kita. Diantara pelajaran yang menginspirasi dari sepakbola misalnya:

1. Kebugaran dan Stamina. Untuk mencapai level tinggi dalam permainan dibutuhkan stamina dan kebugaran. Seperti kita tahu, lapangan sepak bola:

1.panjang lapangan;100 -110 meter
2.lebar lapangan;64 - 75 meter
3.jari2 lingkar tengah;9,15 meter
4.luas daerah gawang;18,35 x 5,5 meter
5.luas daerah tendangan hukum;40,32 x 16,5 meter
6.luas jarak titik tendangan hukum;11 meter
7.tinggi gawang;2,44 cm
8.lebar gawang;7,32 meter
9.diameter tiang dan palam gawang;12 meter
mengharuskan setiap pemain harus memiliki daya jelajah yang maksimal.

2. Kerjasama Tim, Karena satu tim terdiri dari satu kiper (penjaga gawang) dan sepuluh lainnya bergerak bersama melakukan proses mencapai goal, dibutuhkan kerjasama yang baik. Mereka dibagi menjadi 3 bagian yakni; bek di belakang atau wilayah pertahanan, Gelandang (mildfielder) di tengah dan penyerang (striker) di depan. ketiga kelompok ini saling bekerjasama menyusun dan merancang kemenangan.

3. Pantang Menyerah Pada pertandingan sepakbola dapat kita lihat bagaimana seorang pemain berusaha keras mengejar dan menguasai bola. Bahkan kadang-kadang bola yang menurut penonton sudah tidak mungkin dikejar dan akan keluar lapangan, oleh pemain masih terus dikejar.

4. Latihan Terus menerus, seorang pemain bola tidak akan mungkin dimainkan oleh pelatihnya dalam pertandingan bila dalam sesi latihan yang sudah diprogram klub sang pemain tidak melaksanakan latihan dengan baik. Bahkan pemain yang sudah terkenal dan bagus pun bila tidak disiplin melaksanakan program latihan akan dicoret namanya oleh pelatih. Contohnya pemain terkenal Boas Sollosa yang mangkir latihan, tidak dimasukkan dalam skuad timnas.

So, Tetaplah mencintai sepakbola, Timnas dan tentusaja Jadikan semangat Irfan Bachdim dan Gonzales sebagai pemicu semangat kita dalam belajar!
Bravo, Garuda di Dadaku..!


Bunda Linda

Blog ini berisi warna-warni pelangi seputar dunia anak dan rekan yang mewarnai hari-hari Bunda, Insyaallah banyak hal yang bisa kita petik dari dunia dan tingkah polah anak-anak yang seruuuu

Posting Komentar

Silakan poskan komentar

Lebih baru Lebih lama